PEMBELIAN FIXED ASSET MENGGUNAKAN PURCHASE INVOICE

Pembelian Fixed Asset Menggunakan Purchase Invoice

Pembelian Fixed Asset menggunakan Purchase invoice, agar bisa link dengan modul Fixed Asset, maka harus disiapkan 2 hal:

  •  Akun penampung dengan tipe Other Current Asset. Namanya (katakanlah) Fixed Asset Transaction.

  • Item penampung dengan tipe Non Inventory Part. Namanya bisa menggunakan nama aktivanya atau bisa juga diberi nama Aktiva Tetap. Setting semua GL Account ke akun Fixed Asset Transaction kecuali untuk akun Unbilled Goods Account tetap pada Persediaan Barang Belum Tertagih / Unbilled Gooods Account.

Jika 2 hal ini sudah dibuat, maka selanjutnya masukan Item Non Inventory Part yang sudah kita buat tadi kedalam Purchase Invoice, seperti kita akan melakukan transaksi pembelian barang.

Jurnal yang terbentuk adalah:

(D) Fixed Asset Transaction
(C) Accounts Payable

  • Kemudian dari modul Fixed Asset, pada tab Expenditure, masukan akun Fixed Asset Transaction dengan nilai sebesar harga cost-nya. Transaksi ini untuk mengakui aktiva yang kita beli sebagai Fixed Asset.

Jurnal yang terbentuk adalah :

(D) Aktiva ABC
(C) Fixed Asset Transaction

Dalam hal ini akun Fixed Asset Transaction sudah habis. Jadi jurnal di atas bila disederhanakan menjadi:

(D) Aktiva ABC
(C) Accounts Payable

Jika ingin menggunakan PPN atas pembelian aktiva, silahkan tambahkan kode pajak pada kolom Tax di baris item pada Purchase Invoice.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *