Fungsi Job Costing pada ACCURATE Software

Fitur Job Costing (Pembiayaan Pesanan) berfungsi untuk memproduksi barang atau memecah barang (Barang A dijadikan barang X, Y dan Z) selain itu Job Costing juga dapat digunakan sebagai formulir untuk mengeluarkan barang yang digunakan untuk kepentingan sendiri, sebagai contoh Perusahaan mengeluarkan sample untuk promosi. Berikut ini uraian dari fungsi Job Costing:

Point. 1 : Memecah Barang (Repacking)

Contohnya, membeli Barang dengan bentuk Galon, Direpacking menjadi ukuran Gelas

Pada saat membeli barang misalkan membeli Air Galon akan dikemas ulang isinya menjadi ukuran Gelas dan dijual kembali dalam ukuran Gelas.

Contoh Transaksinya sebagai berikut:

Sebelum proses job Costing terlebih dahulu buat Nama Item di List Item (Daftar | Barang dan Jasa), sebagai contoh silahkan buat Item barang dengan nama berikut:

  1. Air Galon
  2. Gelas Kosong
  3. Air Gelas

Pada saat pembelian, lakukan pembelian Air Galon seperti biasa melalui Modul Purchase atau melalui menu Activities | Purchase | Purchase Invoice.

Jika pembelian Air Galon sudah dilakukan dari modul pembelian, otomatis Stok Air Galon di Gudang akan Bertambah dan kita bisa melakukan Proses Repacking.

Untuk Melakukan Repacking ini isi Job Costing Sebagai berikut:

  • Buka Formulir Job Costing dengan klik Inventory (Persediaan) | Job Costing (Pembiayaan Pesanan)
  • Isi Job Cost Account dengan Akun tipe Harta Lancar Lainnya misalkan Namanya WIP / Persediaan Dalam Proses
  • Isi Item dengan memilih barang yang akan direpacking dan isi juga Qty yang diambil. Dengan demikian stok barang ini akan berkurang sesuai jumlah (Qty yang diambil dan Nilainya akan masuk ke WIP / Persediaan dalam proses.job costing - repacking
  • Jika ada biaya Pengerjaan (Ongkos) kita bisa klik Tab Bebab (Expense).
  • Selanjutnya silahkan simpan.
  • Jika pekerjaannya sudah selesai Klik Menu Activities | Job Cost | Roll Over (Aktivitas | Pembiayaan Pesanan | Penyelesaian Pesanan.
  • Pilih No Job Cost (No Pesanan)
  • Pilih To Item (ke Barang)
  • Isikan Itemnya dengan Barang jadi akhir (yaitu Air Gelas) dan isi Qty dengan jumlah jadinya.

Dengan Proses Roll Over ( Penyelesaian Pesanan) ini maka stok Air Gelas akan bertambah sebanyak Qty yang di input.

Point. 2 : ASSEMBLING/ Penggabungan Beberapa Komponen Menjadi Barang Baru

Contoh kita memiliki barang A,B,C,D dan akan kita Rakit menjadi barang E

  • Pada saat Membuat Job Costing (Proses Job Costing sama seperti proses Job Costing diatas), Pilih Item A,B,C,D dan isi masing-masing Qty yang diambil untuk diproses
  • Pada saat Penyelesaian Job Costing/Finishing (Roll Over) pilih To Item, isi Nama dengan Item E (Item Barang Jadinya) dan Masukkan Qty jadinya.

Note: Jika dalam proses Job Costing diatas kita memasukkan Nilai Beban (Ongkos Pengerjaan, Maka untuk mengeluarkan Uang Kas/Bank untuk biaya pengerjaan tersebut diatas, kita bisa menggunakan Modul Cash/Bank.

  • Pilih Nama Kas/Bank yang digunakan untuk membayar Biaya Pengerjaan/ Ongkos tersebut.
  • Isi Account No. dengan Nama Biaya pengerjaan/ Ongkos yang dimaksud.
  • Jika dalam proses job costing Repacking/ Assembling kita tidak ada biaya pengerjaan, maka langkah ini tidak perlu dilakukan.

Point. 3 : Membebankan Barang

Yang dimaksud Membebankan barang adalah kita mengeluarkan Barang bukan untuk dijual, tetapi untuk keperluan lain. Sebagai contoh, mengambil barang stok untuk dipakai oleh kantor sendiri, dipakai sebagai sample promosi dan tidak kembali ke gudang dsb.

Untu membebankan barang denganJob Costing, Buka Formulir Job Costing seperti biasa, pada saat Roll Over (Penyelesaian Pesanan) pilih To Account. Pilih akun Biaya yang mewakili atas pengambilan barang tersebut.

(Availabe for V4 & V5)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *