GIRO DARI CUSTOMER DITOLAK
Giro Dari Customer Ditolak
Pelunasan Sales Invoice yang menggunakan giro, terkadang terjadi ditolak karena cek nya kosong atau saldo tidak mencukupi sehingga pencairan gironya ditunda. Berikut 2 cara perlakukan Giro ditolak di Accurate :
- Mengedit Cheque Date/tanggal jatuh tempo transaksi Customer Receipt yang sudah dibuat ke tanggal kapan Giro tsb dapat dicairkan. Dari List | Sales | Customer Receipt, double klik di transaksi pelunasan yang sudah dibuat dan ganti tgl check datenya per tgl giro tsb cair kemudian pilih Save and Close.
- Atau jika sudah tidak diperbolehkan untuk mengedit transaksi yang sudah lalu maka saat giro tsb ditolak, buat transaksi Jurnal Voucher sebagai berikut:
(Cr) Cash/Bank xxxx
Untuk akun Giro Mundur ini bisa dibuat dari List | Chart of Account, klik New dan pilih tipe akunnya Cash Bank dan nama akunnya Giro Mundur.
Kemudian pada saat giro tsb cair, buat transaksi Jurnal voucher yang baru sebagai berikut:
(DR) Cash/Bank xxxx
(Cr) Giro Mundur xxxx
(Available for V3 & V4)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!