MENGEMBALIKAN PEMBAYARAN DARI CUSTOMER, ATAS INVOICE YANG SUDAH DILUNASI TETAPI TERJADI RETUR PENJUALAN

Mengembalikan Pembayaran Dari Customer, Atas Invoice Yang Sudah Dilunasi Tetapi Terjadi Retur Penjualan.

 

Seringkali jika Anda bertindak sebagai Penjual, adakalanya Faktur Penjualan yang telah dilunasi, ada sebagian atas semua barang yang diretur. Kemudian dari pihak Customer, ingin meminta uang tersebut dikembalikan. Bagaimana cara menginputnya di ACCURATE?            Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Awalnya kondisi Owing minus tsb diawali dari kondisi Penjualan – Penerimaan Penjualan – Retur Penjualan, seperti urutan gambar di bawah ini.

lalu

kemudian

  • Jika kemudian Customer ingin meminta uang kembali dari Anda (Penjual), maka lakukan proses Sales Receipt dari menu Activities | Sales | Sales Receipt dan centang faktur yang Owingnya MINUS, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

  • Jika sudah selesai, klik save sehingga nilai kas atau bank Anda akan berkurang sebagai tanda pengembalian dana dari retur penjualan tersebut.

Catatan : Langkah ini bisa dilakukan juga untuk pengembalian dana dari vendor akibat Retur Pembelian, hanya bedanya dilakukan di modul Purchase / Pembelian.

 

(Available for v3 & v4) 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *