RETUR PENJUALAN / PEMBELIAN YANG SUDAH LUNAS

Retur Penjualan / Pembelian Yang Sudah Lunas

Cara membuat Retur Penjualan / Pembelian yang sudah lunas adalah sebagai berikut:

Jika Casenya terjadi Retur penjualan, berarti Buat Retur penjualan

Cara membuat Retur Penjualan,

  • Klik menu Activities(Aktivitas) | Sales(Penjualan) | Sales Return(Retur Penjualan)
  • Pilih nama Customer yang meretur dan isi Invoice yang akan diretur
  • klik Item Description untuk memilih Nama barang yang akan diretur
  • Jika Informasi retur sudah terisi semua, Klik Save And Close

*Jika sudah membuat Retur Penjualan dari Invoice yang sudah lunas, maka otomatis akan terbentuk nilai Retur (Minus), Kita bisa cek melalui menu Activities(Aktivitas) | Sales(Penjualan) | Sales Receipt (Penerimaan Penjualan).

Jika ingin mengembalikan Nilai Uang Yang diretur ke Customer caranya adalah sebagai berikut: 

  • Buat Customer Receipt(Penerimaan Penjualan) dengan cara klik Activities(Aktivitas) | Sales(Penjualan) | Sales Receipt (Penerimaan penjualan).
  • Pilih Nama Customer
  • Pilih Nama Bank/kas yang digunakan untuk mengembalikan uang tersebut
  • Centang pada invoice yang bernilai Minus tersebut, maka Nilai Retur ini akan mengurangi Saldo Kas/Bank kita.

Jika Nilai Retur tersebut akan digunakan untuk membayar invoice yang lain

Pada saat membuat Customer Receipt(Penerimaan Penjualan) Invoice yang lain, Centang Invoice itu dan Centang Juga Invoice Retur yang bernilai (minus) ini, maka nilai Retur akan mengurangi Nilai invoice yang dicentang berbarengan pada saat membuat Customer Receipt(Penerimaan Penjualan).

Untuk Case Retur Pembelian, Siklusnya kurang lebih sama, hanya saja dilakukan didalam Modul Pembelian(Purchase)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *